Home »

Renstra dan Program Kerja Periode 2010-2014

 

PROGRAM KERJA DEKAN FAKULTAS PERTANIAN PERIODE 2010-2014

Pendahuluan

Berdasarkan Visi, Misi dan Tujuan Fakultas Pertanian dan dengan mempertimbangkan Rencana Strategis Fakultas Pertanian serta Rencana Strategis Universitas Siliwangi Tahap III Tahun 2010-2015, maka prinsip Program Kerja Dekan mengikuti prinsip Rencana Strategis yaitu KEBERSAMAAN DAN IKLIM KERJA YANG NYAMAN. Sehubungan dengan hal tersebut maka peran serta segenap warga civitas akademika dalam implementasi program kerja Dekan ini sangat diharapkan. Artinya bahwa tanggung jawab dan keberhasilan semua Program kerja ini bukan semata terletak pada pundak Dekan semata namun pada segenap warga Fakultas Pertanian. Program Kerja Dekan Fakultas Pertanian 2010-2014 ini adalah program yang pernah disampaikan dalam kampanye proses pemilihan Dekan.

Program Kerja yang disusun ini mempertimbangkan Rencana strategis yang ingin dicapai dalam merealisasikan Visi, Misi dan tujuan Fakultas Pertanian yakni :  1) membuat proses pendidikan lebih efisien dan produktif dengan mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki serta 2) meningkatkan kualitas lulusan yang relevan dengan kompetensi masing -masing program studi. Rencana Strategis Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi Tahun 2010-2014 terdiri dari :

  1. Strategi Pengembangan Bidang Organisasi dan Manajemen Pengelolaan
  2. Strategi Pengembangan Pendidikan dan Kemahasiswaan
  3. Strategi Pengembangan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
  4. Strategi Pengembangan Kerjasama Institusional
  5. Strategi Bidang Penunjang Penyelenggaraan Program Fakultas

Berdasarkan Rencana Strategis dan Arah Kebijakan Fakultas Pertanian 2010-2014, maka telah disusun Program Kerja Dekan Fakultas Pertanian Periode 2010-2014 beserta target pencapaiannya sebagai berikut :

No.

Jenis Kegiatan

Tahun Pelaksanaan

Target Pencapaian

2010 2011 2012 2013 2014
1. Konsolidasi dan penataan kelembagaan

      Kejelasan Peran & TUPOKSI masing-masing bidang
2. Penataan PS dan pengembangan kurikulum sesuai tuntutan stakeholders dan teknologi pembelajaran  

    Workshop Pengembangan Kurikulum &  Tersusunnya

Kurikulum Baru,RPP Kuliah, Praktikum  & Silabus

3. Peningkatan promosi Faperta yang lebih komprehensif untuk memperoleh jumlah mhs baru yang sesuai dengan BEP

Minimal Daya tampung terpenuhi sesuai BEP (40 orang per PS)
4. Evaluasi thd efektivitas PBM berdasar daya tampung , Dosen dan fasilitas penunjang lainnya

Database (perkembangan PBM)
5. Perubahan design tata Perwajahan Kampus, Penambahan dan pemeliharaan sarana untuk meningkatkan kenyamanan kampus  

Logo dan Penamaan Fak.; Memiliki Ruang serbaguna, Penataan Kelas, Penataan Ruang Dosen dan Ruangan lainnya
6. Peningkatan sumber beasiswa dan jumlah penerima   Jumlah donor dan penerima beasiswa bertambah tiap tahun
7. Pengembangan sistem belajar mandiri sbg penerapan KBK    

Program studi menerapkan KBK
8. Peningkatan status akreditasi PS ke level yang lebih baik       -Dokumen2 untuk akreditasi siap dan minimal status akreditasi B
9. Benchmarking PS/Fakultas     Fak sejenis misal FP Univ.Muhamadiyah Malang
10. Peningkatan studi lanjut Dosen       Jumlah Dosen dg jenjang  S3 bertambah
11. Peningkatan kemampuan multi media dan teknologi pembelajaran bagi dosen     Tiap tahun akademik dosen yg mengajar menggunakan multimedia meningkat
12. Peningkatan jumlah materi ajar dalam media cetak dan elektronik     Jumlah materi ajar yg dimuat dalam SIMAK bertambah tiap tahun
13. Peningkatan kemampuan dosen untuk memperoleh dana penelitian/kajian/program yang menggunakan institusi kelembagaan   Bertambah tiap tahun

lanjutan

No.

Jenis Kegiatan

Tahun Pelaksanaan

Target Pencapaian

2010 2011 2012 2013 2014
14. Peningkatan fasilitas kelas dan peningkatan kualitas fasilitas akses internet       -Tiap tahun akademik kelas multimedia bertambah; akses internet 100 %

 

15. Ketepatan masa studi dan peningkatan IPK Mahasiswa

Minimal 15 % dari lulusan per tahun akd. tepat waktu
16. Peningkatan soft-skills mahasiswa melalui mata kuliah, kegiatan ekstra-kurikuler dll  

Minimal 1 tahun sekali diadakan pelatihan dg materi soft-skills dan mhs aktif dlm pengembangannya
17. Kerjasama dengan Lembaga/Instansi /Perusahaan untuk rekruitmen lulusan Setiap tahun ada kerjasama untuk beasiswa dan rekruitmen lulusan
18. Tracer study lulusan dan pengembangan peran alumni       Minimal 50 % dari populasi lulusan bisa dilakukan tracer study
19. Peningkatan kemampuan mhs dalam kegiatan ekstrakurikuler yang mandiri, kreatif dan produktif   -Jumlah mhs yg mengikuti seminar tiap tahun meningkat 10%

-Mendapatkan hibah kompetisi dan PKM

-“Creativities day” berlangsung sesuai dg kemampuan penyelenggaraan

20. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian & pengabdian pd masy.   -Berkembangnya satu kajian keilmuan yg relevan di masing2 PS

-Minimal 2 org/thn melaksanakan penelitian

-Terbentuknya Desa Binaan berkelanjutan (dengan MoU).

21. Penguatan peran dan fungsi Faperta sbg unit Pelayanan Publik     -Bertambahnya kelompok masy.yang memanfaatkan jasa pelayanan Faperta

-Min. 50% yang menggunakan jasa merasa puas

 

 

 

lanjutan

No.

Jenis Kegiatan

Tahun Pelaksanaan

Target Pencapaian

2010 2011 2012 2013 2014
22. Peningkatan dan pengembangan Desa Binaan yg berkelanjutan untuk mendukung agri-eko.teknologi dan agribisnis   -Min. tdp 1 kegiatan/smt di lokasi desa binaan

-Manfaat transfer ilmu dirasakan oleh masy.

-Evaluasi dilaksanakan tiap akhir kegiatan

 

 

23. Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan peralatan laboratorium serta prosedur pembayaran biaya praktikum   - up-grade peralatan laboratorium yg fungsional

-Lab berfungsi optimal dan fungsional untuk praktek, penelitian mahasiswa dan dosen

-prosedur pembiayaan dan pengelolaan biaya praktikum berubah

24. Optimalisasi Rumah Kaca Faperta     Berfungsinya kembali rumah kaca dan berfungsi optimal serta  fungsional untuk praktek/penelitian dosen & mahasiswa
25. Peningkatan frekuensi dan kualitas Publikasi Ilmiah Fakultas   -Penerbitan jurnal ilmiah Fak (Media Pertanian) secara periodik (per smt)

-Mengupayakan konsistensi penerbitan untuk memperoleh akreditasi

26. Peningkatan kualitas SDM berwawasan entrepreneurship di dalam proses pembelajaran   Pembinaan utama oleh Dosen Pembina Kewirausahaan dan diikuti oleh Pembina MK lainnya yg diselipkan dalam materi pembelajaran
27. Evaluasi kinerja Transaksi Akademik dan Peran Dosen Wali Rapat Evaluasi Akademik (Yudisium) per smt
28. Pengembangan sistem informasi fakultas   Informasi akademik dan lainnya masuk di SIMAK

 

 

lanjutan

No.

Jenis Kegiatan

Tahun Pelaksanaan

Target Pencapaian

2010 2011 2012 2013 2014
29. Renstra dan Program Kerja : Fakultas, PS   Fakultas dan PS memiliki dokumen Renstra dan Program Kerja ; disyahkan Senat Fakultas
30. Peningkatan mutu tenaga administrasi   -Staf administrasi min. pernah mengikuti kursus/pelatihan di bidangnya

-Up-grade kemampuan tiap tahun melalui kursus/pelatihan

31. Peningkatan dan optimalisasi Perpustakaan PS/Fakultas       -Menyediakan tempat khusus untuk ruang baca

-Menambah koleksi pustaka yang terbaru sesuai dengan kemampuan

32. Membentuk dan memfungsikan Gugus Kendali Mutu dan Unit Jaminan Mutu     -Memfungsikan TUPOKSI GKM dan UJM

-Menghasilkan dokumen2 sesuai arahan Badan Penjaminan Mutu Universitas Siliwangi

33. Penataan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana aktivitas kemahasiswaan     -Menyediakan ruang sekretariat SEMA dan BPM serta Hima PS secara bertahap

-Memfasilitasi kegiatan kemahasiswaan sesuai kemampuan

34. Peningkatan disiplin -Kinerja Dosen dan karyawan meningkat khususnya kedisiplinan mengikuti kegiatan2 Tri Dharma  sesuai dengan kewajibannya

-Pendataan secara rutin untuk mekanisme reward and punishment dalam evaluasi disiplin pegawai

-Terbentuknya sistem evaluasi kinerja dosen dan karyawan sbg turunan dari aturan Universitas/Yayasan

 

lanjutan

No.

Jenis Kegiatan

Tahun Pelaksanaan

Target Pencapaian

2010 2011 2012 2013 2014
35. Peningkatan kesejahteraan -Peningkatan kesejahteraan secara adil dan proporsional sesuai dengan kebijakan Univ. dan sesuai kemampuan finansial Fakultas

-Bantuan sosial/jaminan kesehatan yang memadai

36. Peningkatan peran dan fungsi Pusat Inkubator Agribisnis (PIA) Fakultas Pertanian -Optimalisasi peran PIA sebagai alat promosi dan wadah pembinaan calon wirausahawan muda Fakultas Pertanian

-Optimalisasi peran Pengurus PIA untuk meningkatkan kinerja dan prestasi PIA

-Meningkatnya jumlah mahasiswa anggota PIA

-Meningkatnya perolehan hibah program kemahasiswaan (PKM dll)

-Fak. memfasilitasi kegiatan2 PIA ke luar sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku

-Fak. mem-back-up PIA apabila ada hal2 yang diluar kemampuan PIA.

37. Peringatan Hari Jadi Fak. Pertanian sesuai kemampuan untuk syukuran, evaluasi peran dan kontribusi yang telah dilaksanakan dengan memanfaatkan seluruh sumberdaya yg dimiliki (dosen, Mahasiswa & Alumni)         -Terselenggaranya Faperta Celebration

 

Penutup

 Dalam rangka memimpin penyelenggaraan pendidikan di Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi periode 2010-2014, maka diperlukan dokumen Rencana Program Kerja sebagai wujud akuntabilitas sebagai Dekan.

 Dokumen Program Kerja Dekan Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi 2010-2014 ini diharapkan sebagai pedoman penyelenggaraan sekaligus arahan bagi segenap pimpinan di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi dalam memperlancar implementasi manajemen tata kelola institusi yang lebih baik dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga harapannya dapat lebih menyehatkan Institusi.

 Dokumen ini selain penting bagi pimpinan Fakultas dan Program Studi, juga penting bagi dosen dalam meningkatkan kualitas pribadinya sebagai masyarakat akademis untuk selalu berpartisipasi baik secara mandiri maupun kelompok dalam upaya membangun institusi yang jauh lebih baik. Demikian pula bagi karyawan, dokumen ini dapat membantu mendukung kinerja proses administrasi dan layanan kepada para mahasiswa.

 Walaupun program kerja ini dibuat dengan kesungguhan dan mempertimbangkan banyak hal namun tetap saja masih jauh dari kesempurnaan apalagi mengingat hampir setiap saat terjadi dinamika perubahan dan perkembangan baik internal maupun eksternal dalam menjalankan pengelolaan pendidikan tinggi. Untuk itu dimungkinkan dokumen ini untuk direvisi tiap tahun disesuaikan dengan kebutuhan dengan tetap mengacu dan tidak menyimpang dari Visi, Misi dan Tujuan Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi.

“ Tanpa anda tiada daya, bersama anda kita bermakna ” , itulah motto yang mengilhami untuk tetap mengharapkan bantuan dan dorongan dari semua Civitas Akademika untuk perkembangan dan kemajuan Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi  di masa mendatang.  Semoga !

D. Yadi Heryadi, Ir.,M.Sc